Singapore · Traveling

Festival Tulipmania yang Belum Berjodoh Tahun Ini

Bulan depan, saya dan suami akan pergi keluar negeri lagi, tepatnya ke Singapura. Kalau baca travel bucketlist saya, pasti ingat kalau saya pernah bilang saya mau lihat Festival Tulipmania di Garden by The Bay Singapore. Oleh karenanya, di bulan Januari lalu waktu saya liburan Imlek ke Bandung sama mertua, kebetulan banget saya dapat tiket AA tujuan Jakarta-Singapura hanya Rp 379.000,- per orang. Diskusi bentar saya suami, langsung saya beli tiket tsb untuk keberangkatan di akhir May 2017 besok.

Tapi ternyata, Festival Tulipmania tahun 2017 diadakan lebih cepat dari tahun sebelumnya, dan efeknya jadi berakhir lebih cepat juga. Pas jadwal festivalnya sudah diannouce end of March lalu, saya langsung lemes karena pas tanggal saya berangkat, festivalnya sudah berakhir donk.

Mungkin belum rejeki ya untuk lihat Festival Tulip tahun ini hiks… 😭😭😭

Akhirnya rencana kami selama disana harus diubah total, meskipun teman saya yang sudah sering bolak-balik ke Singapura dan juga suka ke Garden by The Bay bilang kayaknya pas saya datang chance buat ngelihat tulip masih ada deh, tapi mungkin gak sebanyak pas festivalnya berlangsung. Karena menurut dia, tanaman tsb gak langsung dicabut-cabutin terutama yang masih bagus. Cuma kan ambiencenya beda ya huhuhu…

Dipikir-pikir lagi, berhubung HTM kesana juga gak murah-murah banget trus saya juga gak bisa lihat Festival Tulipmania yang jadi agenda utama saya, rasanya saya mau ganti haluan tempat wisata aja. Maka, Singapore Botanical Garden, Chinese & Japanese Garden di Jurong East, jadi penggantinya deh (gak jauh-jauh dari tanaman ya hihi) dan kabar gembiranya masih ke taman-taman tsb gak dipungut biaya alias totally FREE. 

Agenda lainnya, selain ke Public Garden, yang pastinya mau walking tour lagi dan berujung mau nonton Wonder Full Light Show di Marina Bay Sands, semacam laser show gitu yang diadakan setiap malam dijam-jam tertentu. 

Asyiknya, di Singapura memang tidak dikenakan tiket masuk ke beberapa fasilitas publik, jadi kalau mau wisata hemat juga masih bisa kok. Tapi kalau mau ke tempat wisata pun tersedia banyak tempat yang populer seperti Universal Studio Singapore, SEA Aquarium, Singapore Zoo, Garden by The Bay, Singapore Flyer, dll yang tiket masuknya diatas dua ratus ribu lebih. Baiknya sih beli tiket online dari travel agent disini supaya dapat harga lebih bagus daripada beli on the spot.

Yang bikin cenat-cenut adalah biaya hidup disana yang terkenal mahal, termasuk di dalamnya biaya penginapan. Alhasil, kami harus rogoh kocek lebih dalam untuk bayar hotel untuk ukuran kamar yang terkenal sempit. Phew… Kalau biaya makan, oleh teman, saya sudah dikasih masukan untuk makan di foodcourt/ hawker centre saja, oke noted. Sedangkan untuk transportasi selama disana, pastinya pakai transportasi publik seperti MRT dan bus. Kalau perginya banyakan, mungkin bisa pakai Uber juga karena biaya perorangnya jatuhnya bisa sama dengan naik MRT plus gak usah cape jalan ke stasiun MRT juga kan hehe…

Yasudah, sekian curhat di hari Sabtu ini hehehe…

Advertisements