Simple Pleasure

Belanja Online, Hobi Yang Menyenangkan Bagi Saya

Source from: Technofaq

Wanita mana sih gak suka belanja? Hihihi… Rasanya gak hanya wanita ya yang suka belanja online, kaum pria juga suka. Contohnya nih, di kantor saya aja, Bapak-bapaknya juga suka banget mantengin situs jual-beli online tiap jam istirahat dan kedatangan kiriman paket di jam kerja. See? Hidup belanja online, yang bikin hidup lebih simpel. 

Tapi bukan berarti saya ngedewain banget belanja online loh, untuk beberapa hal, kayak monthly grocery pasti lebih enak belanja langsung ke supermarket, sekalian cuci mata gitu. Gini-gini, saya juga pernah ngalamin yang namanya kecewa dan kapok untuk belanja online lagi. Alasannya ya karena barang yang saya terima ternyata gak sesuai dengan foto, sedihnya minta ampun deh. Biasanya kejadian kayak gini terjadi kalau saya beli produk fashion, kecuali sepatu ya – karena saya sampai sekarang masih ragu beli sepatu online dengan berbagai alasan.

Source from: Quotesgram

Biasanya apa sih yang saya beli lewat belanja online?

Produk Fashion

Dulu waktu masih kuliah, saya pernah kecewa dan kapok gak mau belanja baju online lagi karena barang yang datang ternyata gak sesuai ekspektasi saya. Syedihnya minta ampun, sia-sia sudah buang uang ternyata barangnya mengecewakan, hiks šŸ˜­. Tapi semakin kesini, banyak bermunculan situs belanja produk fashion online yang lucu-lucu, termasuk di FB & IG dan rasanya gatel kalau gak lihat-lihat. Akhirnya, saya lemah juga deh. Beruntungnya, seller jaman sekarang sudah lebih fair dan pembeli kayak saya sudah semakin teliti hihihi… Jadi senang sekali kalau sebelum beli produk tsb, kita bisa lihat foto produk aslinya bahkan dari berbagai angle, lengkap dengan spesifikasi produknya (jenis bahan, ukuran, dll). 

Toko online favorite saya untuk produk fashion dan sejauh ini cukup memuaskan, baik dari segi pelayanan dan kualias produknya, yaitu Berrybenka (bukan postingan berbayar ya ini, murni pendapat pribadi). Juga beberapa online shop di Instagram yang selalu menampilkan foto produk asli dan spesifikasi jelas banget, sampai sekarang jadi langganan saya deh. 

Belanja Buku

Selain beli baju online, saya juga beberapa kali beli buku secara online. Biasanya buku yang saya beli adalah buku pre-order yang harus menunggu beberapa waktu sampai dikirim ke alamat kita. Kenapa saya bela-belain nunggu? Pertama, karena pasti buku itu merupakan karya terbaru penulis favorite saya. Kedua, beli buku pre-order itu biasanya diskonnya lebih besar dan dapat hadiah langsung, pernah saya dapat pouch, tas serbaguna, dll. Selain alasan diatas, saya juga pernah beli buku online karena buku yang saya cari itu merupakan buku terbitan lama yang sudah gak dijual di toko buku konvensional. 

Sejauh ini, saya pernah belanja buku online di Republik Fiksi, Grobmart, Tokopedia, dan salah satu seller di Instagram. Puji Tuhan selama saya beli buku online, gak pernah kecewa.

Beli Voucher Atraksi Wisata

Daripada ngantri langsung di konter tiketnya, saya sih lebih milih beli online saja hahaha… Walaupun terhitung jarang, tapi saya pernah beli tiket Seaworld dan tiket Marcopolo Waterpark (titipan teman saya). Dan waktu ke Seaworld, bersyukur banget sudah beli tiket online sebelumnya karena antrian konter tiketnya phewww… Bikin lelah! Hahaha… Website penjualan voucher yang sering saya intip-intip yaitu Lakupon dan Grupon (belum pernah beli voucher di Grupon, keseringan lihat-lihat aja).

Produk Perintilan Lainnya

Banyak soalnya šŸ˜„šŸ˜„šŸ˜„ Saya pernah beberapa kali beli microSD untuk handphone, (di)beli(in) kipas angin mini untuk di kantor, beli travel adaptor, beli casing handphone, beli teh walini, dll yang saya gak ingat persisnya hahaha… Biasanya sebelum saya memutuskan untuk membeli barang tsb secara online, saya survei harga dulu ke toko offline. Kalau beda harganya banyak banget, saya prefer beli online aja deh hehehe… Situs jual beli langganan saya yaitu Tokopedia dan Elevania (pinjam akun teman saya).

Beli Makanan

Emang ada ya yang gak bisa dibeli secara online hahaha… Bahkan, makanan saja bisa kok. Makanan yang pernah saya pesan secara online yaitu sushi, kue, pempek, dimsum, cilok, makaroni pedas, dll, pokoknya cemilan gitu deh šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚ Kalau pesan makanan gini, biasanya karena saya lapar mata lihat galeri seller di IG trus dengan mempertimbangkan lokasi, ongkos kirim, dan testimoni, barulah saya berani pesan. Nanti pengirimannya pakai Gojek atau JNE YES. 

Beli Tiket Pesawat dan Voucher Hotel

Semenjak saya dan suami keranjingan untuk travelling, kami 90% beli tiket pesawat dan hotel secara online. Langganan kami biasanya Traveloka karena aplikasinya paling mudah dan kadang harganya lebih murah. Pernah juga beli tiket pesawat dan kereta di PegiPegi, prosesnya lancar juga meskipun mobile apps nya gak se-user friendly Traveloka. 

* * *

Herannya, saya gak pernah keberatan menelusuri halamam per halaman website atau scroll page up/ page down instagram ketika lagi cari-cari barang. Kok kayaknya bagian tsb menyenangkan banget ya? Gak ada kata capek, malas, dijabanin terus deh sampai ke halaman terakhir, hihihi…

Ada lagi nih hal yang membuat pengalaman dalam berbelanja online tambah menyenangkan yaitu ketika bagian terima paket. Rasanya kayak terima hadiah hahaha… šŸ˜‚šŸ˜‚šŸ˜‚ 

Jadi, kalau mau bikin saya bahagia itu mudah banget, kasih saya voucher belanja aja atau minimal kupon diskon šŸ˜‰

