Singapore · Traveling

Singapore 2017: Dari Taman ke Taman, Hingga ke Merlion (#1)

Waktu saya bilang ke suami kalau saya mau ke Gardens by The Bay, Singapore Botanic Garden, lalu mau ke Chinese & Japanese Garden, ditambah (kalau masih mampu) mau juga ke MacRitchie Reservoir, responnya langsung gini: “Seriusan? Taman semua?” hahaha... I think you already know ya, my husband married a gardens enthusiast.

Dan sebagai suami yang baik banget, suami saya mengiyakan ajakan saya mengunjugi Singapore Botanical Garden dan Chinese & Japanese Garden di hari kedua (lalu pasang hash tag #istriselalumenang 😂😂😂)

Jadi, inilah rangkuman cerita jalan-jalan kami di hari kedua di Singapura…

* * *

Sarapan: Pezzo Pizza – Ion Orchad Mall

Gara-gara salah beli kartu STP Plus+, kami malah dapat beberapa privileges yang sayang banget kalau gak dipakai. Salah satunya adalah kami dapat voucher makan di tiga tempat. Cara redeemnya mudah kok, datang ke restonya, tukarkan voucher makan beserta tunjukan kartu STP Plus+ lumayan banget kan untuk menghemat biaya sarapan dan makan siang kami hihihi 😁😁😁

Guide book dan voucher makan…

Voucher pertama yang kami tukarkan adalah Pezzo Pizza. Kami memilih untuk menukarkan voucher tsb di Ion Orchad Mall karena sejalan dengan tujuan kami berikutnya yaitu Singapore Botanical Garden. Cara menuju Ion Orchad gampang banget kok, naik MRT aja (lihat peta ya) lalu turun di Station Orchad yang tepat berada di basement mall tsb. 

Harga pizzanya bervariasi mulai dari $4,5 per slice

Pezzo Pizza terletak di lantai B4 dan cukup mudah ditemukan. Pelayannya tidak banyak tanya saat kami bilang mau redeem voucher, dia langsung minta vouchernya dan proses pesanan kita. Kami kaget ternyata total kami dapat 4 slices pizza yang ukurannya besar-besar banget, ditambah dua kaleng coca cola classic dan dua botol air mineral. Sayangnya varian pizzanya sudah ditentukan, jadi gak bebas mau pilih rasa yang mana hehe…

Kami dapat 4 kotak berisi 4 slices pizza, sayang gak dikasih saos jadi kurang mantab hehehe…
Cheesy Cheese pizza, gilak, ukurannya jumbo dan tebal banget. Saya cuma kuat makan satu slice saja, sisanya kasih suami deh.

* * *

Singapore Botanical Garden

Cara menuju Singapore Botanical Garden mudah banget, tinggal naik MRT downtown line (line biru) atau circle line (line kuning) karena keduanya akan bertemu di interchange station Botanic Gardens. Keluar dari platform, kita hanya perlu berjalan kaki mengikuti papan petunjuk, sampai bertemu dengan pintu gerbang Singapore Botanical Garden. 

Main gate Singapore Botanical Garden.
Kalau di Indonesia, lapangan rumput hijau ini pasti penuh dengan wisatawan yang gelar tiker hehehe…
Ternyata banyak juga pengunjung yang mengajak anjing peliharaannya kesini.
Sesama turis harus saling membantu hihi… Kalau kata suami saya, kemanapun saya pergi, pasti saya langganan dimintain tolong sama turis buat ambil foto mereka hahaha…

Di dalam botanical garden yang luas sekali ini, banyak sekali Singaporean yang lagi olahraga lari, semangat sekali loh mereka, bahkan di bawah terik matahari aja masih ada yang lari. 

Alamakjan, panasnyooo… 😰😰😰
Gak kuat sama panasnya, akhirnya saya buka coca cola yang tadi dapat dari Pezzo Pizza deh.

Kami hanya berjalan mengikuti arus keramaian, kadang berhenti untuk ambil gambar atau istirahat, sampai akhirnya kami memutuskan, yuk ah, masuk ke dalam National Orchid Garden, yang ternyata pilihan tepat. Rasanya bayar tiket masuk $5 per orang, gak rugi sama sekali deh karena kita akan dimanjakan dengan kawanan anggrek berbagai jenis dan semuanya cantik-cantik.

Ada jam di depan pintu masuk National Orchid Garden, foto dulu ah…
Waktu kita datang, ada banner yang menyebutkan free admission untuk warga singapore termasuk permanent residence dalam rangka liburan sekolah.
Sehabis beli tiket, disambut yang adem-adem.
Lihat location map dulu, eh, luas juga ternyata.
Suami suruh saya foto ditengah sana, ih, ogahlah saya, panas gitu 😰😰😰
Istirahat sebentar, sambil difoto…
Orchids galore #1
Orchids galore #2
Orchids galore #3
Orchids galore #4
Orchids galore #5
Orchids galore #6
Orchids galore #7
Ini apa ya? lupa saya hehe…
Lama-lama bisa mencair deh saking panasnya hiks…
Lagi jalan, tiba-tiba saya dimintain tolong lagi sama turis korea. Trus suami ikutan fotoin turis tsb.
Mulai teduh…
Rata-rata semua tempat di Singapura selalu menyediakan tempat duduk atau gazebo kayak gini dititik-titik tertentu, yang dapat digunakan untuk berisitirahat sejenak.
Suami mah gak ada capenya, masih terus hunting foto…
Jalan kaki sedikit lagi, eh ketemu mini waterfall. Entahlah ini buatan manusia atau alami ya?
Mau cari jalan keluar dari National Orchid Garden, mataharinya lagi tersenyum lebar… ahhhh, panasssnya polll….
Istirahat dulu deh sambil browsing cara menuju gazebo putih fenomenal di Singapore Botanical Garden, yang sering digunakan untuk lokasi foto prewedding.
Setelah istirahat, ketemu tap water, kami bisa juga keluar dari National Orchid Garden. Lalu ketemu papan petunjuk Ginger Garden ini, tapi gak masuk karena kami mau ke Bandstand.
Pose settingan, arahan suami, saya diminta pura-pura baca peta nanti difotoin ala candid hahaha…
Sampai gak percaya gitu, benaran nih sampai juga ke Bandstand?!
Finally, The Bandstand.

Benar saja kan, karena bentuk bangunannya yang cantik, maka gak heran kalau Bandstand ini dijadikan lokasi foto prewedding. Waktu kami kesana, ada pasangan India yang lagi pemotretan juga. Mereka pakai kostum tradisional ala India gitu, persis seperti di film Bollywood 😄

Selepas dari Bandstand, kami memutuskan untuk pulang. Tetapi suami gak mau lewat jalan seperti pertama kali datang tadi karena kami harus jalan kaki sekitar 1,5km sampai ke MRT Botanic Garden. Akhirnya setelah baca papan petunjuk, baru kami tahu bahwa Singapore Botanical Garden punya dua gate, salah satunya Tanglin Gate yang berjarak 650meter lagi dari Bandstand. Suami memilih supaya kami keluar lewat Tanglin Gate saja dan naik bus.

Perhatikan papan petunjuk diatas ya, kami foto papan ini sewaktu baru tiba di Singapore Botanical Park. Posisi kami ada di kanan atas, yanh ada tulisannya “You are Here”. Tanglin Gate sendiri berada di kiri bawah. Lumayan juga kan jalan kaki siang itu hihi…
Akhirnya kami bisa keluar juga di Tanglin Gate.

Setelah keluar dari Tanglin Gate, kami kebingungan harus naik bus dari mana. Disini kalau mau naik bus harus di halte ya, gak boleh stop sembarangan di jalan gitu. Akhirnya kami pakai logika saja, ikuti rombongan turis kaukasian, kemungkinan besar mereka yang baru keluar dari botanical garden juga pasti mau naik kendaraan umum kan. Eh, dugaan kami tepat ternyata. Setelah melewati Gleneagles Hospitas, halte busnya sudah terlihat. 

Sampai di halte bus, kami perhatikan papan rute bus, kami harus naik bus yang melewati Orchad Road karena mau mampir ke Ion Orchad Mall lagi untuk makan siang. Pengalaman naik bus tingkat ternyata mengasyikan juga hehehe… Cuma sayangnya kami terlalu cepat turun karena ternyata belum sampai tujuan. Akhirnya kami naik bus lagi dan turun di halte bus Lucky Plaza (seberangnya Ion Orchad).

* * *

Tulisannya saya potong sampai sini ya haha… Pengalaman hari kedua banyak banget ditambah fotonya juga banyak jadi perlu dibagi kedalam beberapa tulisan. Stay tune, ya!

Advertisements